Sabtu, 10 Mei 2014

Sejarah Islam Secara Garis Besar

Sejarah Islam menyangkut agama Islam dan penganutnya , Muslim . " Muslim " adalah kata Arab yang berarti " orang yang tunduk kepada Allah " . Muslim dan agama mereka telah sangat berdampak pada sejarah politik , ekonomi , dan militer dari Dunia Lama , khususnya Timur Tengah , di mana akarnya berbohong . Meskipun diyakini oleh non -Muslim berasal di Mekkah dan Madinah , umat Islam percaya bahwa agama Islam telah hadir sejak zaman nabi Adam . Dunia Islam diperluas untuk mencakup orang-orang dari peradaban Islam , termasuk non - Muslim yang tinggal di peradaban itu.

sejarah islam

Satu abad setelah kematian terakhir Nabi Muhammad Islam , kerajaan Islam diperpanjang dari Spanyol di barat ke Indus di timur . Kerajaan berikutnya seperti orang-orang dari Abbasiyah , Fatimiyah , Murabitun , Seljukids , Ajuuraan , Adal dan Warsangali di Somalia , Mughal di India dan Safawi di Persia dan Ottoman di antara kekuatan-kekuatan berpengaruh dan terkemuka di dunia. Peradaban Islam memunculkan banyak pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan diproduksi ilmuwan terkemuka , astronom , matematikawan , dokter, perawat dan filsuf selama Golden Age of Islam . Teknologi berkembang ; ada investasi dalam infrastruktur ekonomi , seperti sistem irigasi dan kanal ; dan pentingnya membaca Al-Qur'an menghasilkan tingkat melek huruf yang relatif tinggi di masyarakat umum .

Pada akhir Abad Pertengahan , merusak invasi Mongol dari Timur , dan hilangnya penduduk di Black Death , sangat melemahkan pusat tradisional dari dunia Islam , yang membentang dari Persia ke Mesir , dan Kekaisaran Ottoman mampu menaklukkan sebagian besar Arab - daerah berbicara , menciptakan kekuatan dunia Islam lagi , meskipun salah satu yang tidak mampu untuk menguasai tantangan dari periode modern Awal .

Kemudian , dalam sejarah modern ( abad 18 dan 19 ) , banyak daerah Islam jatuh di bawah pengaruh kekuatan besar Eropa . Setelah Perang Dunia Pertama , wilayah Ottoman ( anggota Central Powers ) yang dibagi menjadi beberapa negara di bawah persyaratan Perjanjian Sèvres .

Meskipun dipengaruhi oleh ideologi-ideologi seperti sosialisme dan sekularisme selama sebagian besar abad ke-20 , identitas Islam dan dominasi Islam pada masalah politik intensif selama awal abad ke-21 . Kepentingan global dalam wilayah-wilayah Islam , konflik internasional dan globalisasi mengubah jenis pengaruh Islam di dunia kontemporer .  Pada periode kontemporer , seperangkat ideologi memegang interpretasi teks-teks Islam yang menganjurkan penyatuan agama dan negara telah menyebar , namun ideologi telah dikritik .

Artikel terkait 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar